Rabu, 31 Agustus 2011

سْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Saya mewakili seluruh keluarga besar SS Pararela SMA Negeri 5 Surabaya mengucapkan


SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H

Minal Aidin Wal Faidzin
Mohon maaf lahir dan bathin

Semoga seluruh amalan baik  diterima  sisi Allah SWT, dan semoga kita masih bisa dipertemukan lagi dengan Ramadhan berikutnya, Amin Ya Robbal Alamin O:)

Sabtu, 27 Agustus 2011

5 Makanan Sehat Yang Kurang Populer


Berikut lima jenis makanan yang tergolong tidak populer namun mengandung segudang manfaat yang baik untuk kesehatan:

1. Buah Plum Kering 
http://4.bp.blogspot.com/_k0921gK0-ac/SgFB6fi7xaI/AAAAAAAAAz4/Oe31g0RKmTM/s320/Picture10.jpg
Buah ini merupakan salah satu buah yang paling tidak populer untuk dikonsumsi, terutama ketika memakai nama prunes. Tetapi plum kering sesungguhnya mengandung potassium dua kali lebih banyak dibandingkan pisang dan memiliki kandungan antioksidan 38% lebih banyak dibandingkan blueberry. Buah ini juga memiliki nilai plus karena mengandung serat yang larut dan tidak larut, termasuk pectin yaitu sejenis serat larut yang bisa menurunkan kolestrol. Bagi mereka yang ingin berdiet, buah plum bisa dimakan sebagai camilan atau ditambahkan dalam bekal makan siang anak.

2. Bit 
http://4.bp.blogspot.com/_cG8-EwNru-8/SjxgERrYmuI/AAAAAAAACZk/kS60G96fMRg/s400/027.jpg
Bit mengandung serat, zat besi, vitamin C, serta mengandung betacyanin yaitu zat kuat yang bisa melawan kanker usus. Masih kurang yakin? Bit juga mengandung antioksidan yang telah dibuktikan bisa menurunkan total kolestrol dan meningkatkan HDL atau kolestrol baik dalam tubuh.

3. Labu 
http://img.photobucket.com/albums/v302/hanieliza3/LabuKuning.jpg
Seporsi hidangan labu memiliki sekitar 3 gram serat ditambah dengan beta karoten yaitu antioksidan yang membantu untuk meningkatkan fungsi imun dan mengurangi resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Karena labu bersifat musiman tetapi tersedia labu kalengan yang juga sama sehatnya dan tersedia sepanjang tahun. Labu bisa ditambahkan pada berbagai jenis masakan dan dibuat kue.

4. Terong 
http://3.bp.blogspot.com/_uDlYUr2rwY4/SEzEx5Il06I/AAAAAAAAAG0/7UmuuIlYURA/s320/terong2.0.jpg
Terong yang mudah didapatkan ini banyak mengandung serat dan juga vitamin B1, B3, dan B6. Selain itu terong juga mengandung asam chlorogenic yaitu salah satu sayuran yang bebas dari hama serangga yang biasanya terdapat di sayuran, dan nasunin yaitu antioksidan yang telah dibuktikan dapat melindungi dan mencegah kerusakan sel-sel otak akibat penggunaan telepon genggam yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

5. Kacang-kacangan 
http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/597/file/picture
Kacang adalah makanan yang memiliki reputasi tak populer lainnya. Tetapi riset telah membuktikan bahwa kacang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang bisa mencegah kanker dan penyakit jantung hingga tekanan gula darah. Plus kacang kacangan juga kaya akan antioksidan, protein, dan fiber. Kacang kering adalah yang termurah, tetapi kacang kalengan juga berguna bagi mereka yang ingin praktis

Nah, mulai sekarang jangan abaikan lagi makanan-makanan tersebut. Sebab makanan yang sepele ternyata bisa memberikan manfaat yang lebih bagi kesehatan kita. 

Sumber: http://terselubung.blogspot.com/2010/09/5-makanan-sehat-yang-kurang-populer.html

Selasa, 23 Agustus 2011

Buber Pararela 2011

18 Agustus 2011

Acaranya dimulai jam 4...
Maunya sih bilang gitu...tapi tau sendirilah orang Indonesia kayak gimana....telat.. --
Karna masih nunggu mbak mas yang lain dateng, mbak tiwi pun mengajukan usul, "Main capsah yuuuuuuks" dan.....mbak tiwi, mbak olive, mas mario, dan mas hafizh akhirnya membentuk sebuah liqo' capsah...

Menjelang jam 5 kurang dikit, acarapun dimulai. MC yang membawakan acara adalah Ananta dan Vicky. Saat itu suasana rumah Monica (tempat berlangsung acara buber) sudah sedikit ramai, mungkin sekitar 50 orang. Diantaranya ada beberapa alumni yang datang. Ada yang memakai baju bebas, dan ada yang memakai baju "hitam putih" yaitu beberapa alumni Pararela angkatan 2008. Mbak mas kami ini hebat banget ya, padahal mereka lagi sibuk-sibuknya karna sedang menjalani OSPEK tapi malah menyempatkan diri untuk hadir di acara buber ini. Hiii...unyuuuuu :* :* :*

Acara pertama adalah sambutan dari Mbak Galuh selaku ketua panitia. Dilanjutkan sambutan oleh Mbak Obay selaku Ketua SS Pararela yang diwakili oleh Mas Dio karena belum hadir. Terus sambutan Pak Kus selaku Pelatih.
Sambutan dari Mbak Galuh
Sambutan dari Mas Dio
Pak Kus merakyat

Acara selanjutnya adalah perkenalan dari dedek Pararela angkatan 2011, tapi gak semuanya karena ada yang berhalangan hadir. Terus perkenalan kelas XII dan para alumni.
Monica, tuan rumah
Mas Mirza

Mas Azzam


Mbak Obay

Pas udah menjelang buka, Mas Diaz, Pararela angkatan 2003 datang. Dengan gaya kocaknya ia memperkenalkan diri, "Perkenalkan...nama saya Dr. Diaz Adi Pradana...." diikuti dengan sorakan dari berbagai kalangan.. Ya ampun masnya ngeksis ya =_=



Mas Diazpun bercerita panjang lebar. Saking panjangnya tak terasa azan Maghrib berkumandang. Pak Kus memandu dalam membaca do'a buka puasa. Usai semuanya melepas dahaga, mas diaz melanjutkan ceritanya. Nah, ditengah-tengah cerita, Alma mau izin untuk pulang soalnya gak bisa lama-lama. Mas diaz yang memiliki keahlian dalam urusan pdkt dan sksd ini nanya 
"Namanya siapa?" 
"Alma mas"
"Biasanya Alma itu cuma ada dua Alma blablabla sama Alma blablabla" *maaf ya admin lupa mas diaz bilang apa =_=*
"Oh...bukan mas... Aku Alma Kenanga" 
#cegek 
"Sebelum pulang kasih nomor hapenya dulu doong.." kata mas Diaz sambil menyodorkan hape. 
Alma hanya terpaku dan perlahan mengambil hape dan memberikan nomernya...dan diapun pulang... Ya ampun mas diaz... 
ini yang namanya alma
Haduuh...kok jadi geje ceritanya...sudah...sudah back to the topic ~.~
Acara dilanjutkan dengan sholat maghrib di masjid. Setelah selesai sholat, baru deh makan besar :3 Lauknya ada ayam, sayur, nasi putih, kerupuk, sama sambel. Ternyata semuanya gak nyangka kalo sambelnya luar biasa super sekali... Dan entah kenapa anak cowok pada nyambung nomong soal maicih --" (jadi inget andaru). Habis makaaaaann............kenyang (lawas jeh =_=")
Terakhir, acara ditutup dengan do'a dan foto bersamaaaaa :D





Lalu, seperti biasa tos bareng...
-end-

Kamis, 18 Agustus 2011

7 Tips Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat

http://2.bp.blogspot.com/_rTRjN4hHIpA/S6k6XemF61I/AAAAAAAAAhQ/YkOW0ubVoec/s640/without_sleep_or_insomnia_305485.jpg 

Aktifitas kita yang padat memang terkadang memakan waktu tidur, terlebih lagi seorang blogger pemula seperti saya yang hanya dapat memanfaatkan waktu malam hari ngeblog. Sehingga waktu untuk tidur jadi berkurang bahkan cenderung tidak teratur. Nah ketidakteraturan inilh awal mula dari sulit tidur. Tetapi masalah sulit tidur ini tidak berpenganruh pada mereka yang mudah sekali tidur.

Akibat dari sulit tidur seperti yang sebagian teman saya alami bermacam-macam, ada yang kurang konsentrasi di siang hari, ada pula yang mengeluh badan tidak bergairan dan masih banyak lagi dampaknya. Nah saya harap sahabat dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi sulit tidur.

Ada beberapa langkah untuk mengatasi kesulitan tidur, tanpa menggunakan obat-obatan, melainkan hanya dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri :

1. Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat badan dalam kondisi siaga. Akibatnya tubuh selalu dalam keadaan tegang. Jika sudh di tentukan saat tidur dan bangun, seyogyanya dipatuhi.

2. Apabila seseorang sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari. Tidur di siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya pada malam hari tidur akan sering terjaga.

3. Tempat tidur seyogyanya hanya digunakan untuk tidur dan tidak di gunakan untuk kegiatan lain. Misalnya menonton TV, Menulis dan sebagainya.

4. Jangan menggunakan peralatan elektronik seperti ponsel menjelang tidur.

5. Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olah raga pada sore hari atau setelah matahari terbenam.

6. Sebaiknya hindari makanan tertentu seperi makanan manis menjelang tidur, demikian pula dengan minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi.

7. Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar. 



Source: http://terselubung.blogspot.com/2010/08/7-tips-mengatasi-sulit-tidur-tanpa-obat.html

Selasa, 16 Agustus 2011

20 Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan Manusia


http://1.bp.blogspot.com/_0LLKWXPnUuI/So7DhrEq5EI/AAAAAAAABAo/qovaPG2-p6E/s400/puasa.gif
  1. Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL and apoprotein alfa1, dan penurunan LDL ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Beberapa penelitian “chronobiological” menunjukkan saat puasa ramadhan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemia. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya juga berperanan bagi peningkatan kesehatan manusia.
  2. Keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin. Saat marah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pebuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah rterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Adrenalin juga menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.
  3. Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi. Saat puasa terjdi perubahan dan konversi yang massif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan. Sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Sehingga memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati.
  4. Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi. Dalam kondisi tertentu, seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yang sudah parah, jantung koroner dan batu ginjal. Puasa dapat menjaga perut yang penuh disebabkan banyak makan adalah penyebab utama kepada bermacam-macam penyakit khususnya obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya.
  5. Sedang di antara manfaat puasa ditinjau dari segi kesehatan adalah membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di perut.
  6. Termasuk manfaat puasa adalah mematahkan nafsu. Karena berlebihan, baik dalam makan maupun minum serta menggauli isteri, bisa mendorong nafsu berbuat kejahatan, enggan mensyukuri nikmat serta mengakibatkan kelengahan.
  7. Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan member perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme local pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.
  8. Dalam keadaan puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi pengkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalani kenaikkan pesat. Perubahan aksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah (LDL), tanpa diikuti penambahan HDL. LDL merupakan model lipoprotein yang meberika pengaruh stumulatif bagi respon imunitas tubuh.
  9. Pada pelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apobetta, menaikkan kadar apoalfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan seragan penyakit jantung dan pembuluh darah.
  10. Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.
  11. Manfaat lain ditunjukan dalam penelitian pada kesuburan laki-laki. Dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormon testoteron, prolaktin, lemotin, dan hormon stimulating folikel (FSH), Ternyata hasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh ke dua testis.
  12. Manfaat lain yang perlu penelitian lebih jauh adalah pengaruh puasa pada membaiknya penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis. Parameter yang diteliti adalah fungsi sel penetral (netrofil) dan progresifitas klinis penderita. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi bakteri.
  13. Dalam sebuah jurnal endokrin dan metabolisme dilaporkan penelitian puasa dikaitkan dengan hormon dan kemampuan seksual laki-laki. Penelitian tersebut mengamati kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH). Terjadi perubahan kadar berbagai hormon tersebut dalam tiap minggu. Dalam tahap awal didapatkan penurunan hormon testoteron yang berakibat penurunan nafsu seksual tetapi tidak menganggu jaringan kesuburan. Namun hanya bersifat sementara karena beberapa hari setelah puasa hormon testoteron dan performa seksual meningkat pesat melebihi sebelumnya.
  14. Bahkan seorang peneliti di Moskow melakukan penelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk sizofrenia. Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna. Berbagai penelitian lainnya menunjukkan ternyata puasa Ramadhan juga mengurangi resiko kompilkasi kegemukan, melindungi tubuh dari batu ginjal, meredam gejolak seksual kalangan muda dan penyakit lainnya yang masih banyak lagi
  15. Pikiran kita yang melambat ketika lapar, ternyata menjadi lebih tajam. Secara instingtif, bukti ilmiah ini bisa diterima terkait dengan fakta bahwa dalam banyak hal, masalah lapar adalah masalah kelanjutan hidup. Jadi wajar saja, jika rasa lapar membuat pikiran semakin tajam dan kreatif. Sekelompok mahasiswa di University of Chicago diminta berpuasa selama tujuh hari. Selama masa itu, terbukti bahwa kewaspadaan mental mereka meningkat dan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapat nilai “remarkable”.
  16. Termasuk manfaat puasa adalah mempersempit jalan aliran darah yang merupakan jalan setan pada diri anak Adam. Karena setan masuk kepada anak Adam melalui jalan aliran darah. Dengan berpuasa, maka dia aman dari gangguan setan, kekuatan nafsu syahwat dan kemarahan. Karena itu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjadikan puasa sebagai benteng untuk menghalangi nafsu syahwat nikah, sehingga beliau memerintah orang yang belum mampu menikah dengan berpuasa
  17. Seorang ilmuwan di bidang kejiwaan yang bernama Dr. Ehret menyatakan bahwa untuk hasil yang lebih dari sekedar manfaat fisik, yaitu agar mendapatkan manfaat mental dari aktivitas berpuasa, seseorang harus menjalani puasa lebih dari 21 hari.
  18. Ilmuwan psikiater lainnya yaitu Dr. E.A. Moras, mengatakan bahwa seorang pasien wanitanya telah menderita sakit mental selama lebih dari delapan bulan. Wanita itu telah berobat kesana-kemari termasuk ke para ahli saraf dengan hasil kurang memuaskan. Ia memintanya untuk berpuasa. Wanita itu mengalami perbaikan kondisi mental, dan bahkan dinyatakan sembuh setelah berpuasa selama lima minggu. Di dalam otak kita, ada sel yang disebut dengan “neuroglial cells”. Fungsinya adalah sebagai pembersih dan penyehat otak. Saat berpuasa, sel-sel neuron yang mati atau sakit, akan “dimakan” oleh sel-sel neuroglial ini.
  19. Sebuah tulisan penelitian yang dilakukan Dr. Ratey, seorang psikiaters dari Harvard, mengungkapkan bahwa pengaturan dan pembatasan asupan kalori akan meningkatkan kinerja otak. Dr. Ratey melakukan penelitian terhadap mereka yang berpuasa dan memantau otak mereka dengan alat yang disebut “functional Magnetic Resonance Imaging” (fMRI). Hasil pemantauan itu menyimpulkan bahwa setiap individu obyek menunjukkan aktivitas “motor cortex” yang meningkat secara konsisten dan signifikan.
  20. Ilmuwan di bidang neurologi yang bernama Mark Mattson, Ph.D., seorang kepala laboratorium neuroscience di NIH’s National Institute on Aging. Dalam hasil penelitiannya menunjukkan bahwa diet yang tepat seperti berpuasa, secara signifikan bisa melindungi otak dari penyakit de-generatif seperti Alzheimer atau Parkinson. Hasil penelitiannya menunjukkan, bahwa diet dengan membatasi masukan kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal, berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah, dan sekaligus peremajaan sel-sel otak.

Kamis, 04 Agustus 2011

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan...

Tak terasa bulan ramadhan telah tiba...

Semoga di bulan yang syahdu ini memberikan kebahagiaan bagi kita semua...

Semoga kita mendapat berkah dan karunia dari Allah SWT... amin ya robbal alamin :)

Admin mewakili segenap keluarga besar PARARELA mohon maaf apabila selama ini memiliki kesalahan baik yang sengaja maupun tak sengaja.... :)

Selamat menjalankan ibadah puasa semuanya :)