Minggu, 05 November 2017

NEW PARARELA NEWS !!!

Selamat Malam, semuanya !!!

Pernah gak, sih, kalian mengalami rasa kaku pada betis saat berolahraga?πŸƒ Pasti sudah pada tau, kan, apa itu? Yap! Rasa kaku tersebut adalah kram. Tau gak, sih, apa itu kram?πŸ€” Kram adalah pengerutan pada otot, yang muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan nyeri.πŸ‘£πŸ’₯ Biasanya kram disebabkan karena belum pemanasan saat hendak berolahraga atau cedera saat berolahraga. Kram bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa detik, menit, atau jam, tergantung dari kontraksi tersebut.

Tapi, pasti kalian tidak mau merasakan kram dalam waktu lama, kan? 😫Nah, Pararela punya tipsnya, nih, bagaimana cara mengatasi kram terutama pada betis agar kram tersebut tidak berlangsung lama. 😌
Yuk, langsung saja baca ParNews berikut ini!πŸ€“πŸ’•

Rabu, 19 Juli 2017

PARARELA NEWS JULI 2017

Halo semuanya!
Pasti sobat-sobat sekalian pernah mengalami yang namanya mimpi bukan?

Mimpi atau yang biasa disebut bunga tidur adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan , pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, lhoo, contohnya ketika bermimpi buruk, pasti kalian akan merasa ketakutan, bukan? Selain itu, masih banyak fakta menarik tentang mimpi, lhoo! Pingin tau apa sajaa? Yuk, baca Pararela News berikut ini!!




Rabu, 15 Februari 2017

ACIPRAJA XVI

Inter Arma Caritas, Pararela !

Apa kabar semuanya? Hari ini Pararela mau nyeritain pengalaman berharga kita mengikuti salah satu lomba PMR terbesar se-Jawa Timur, yaitu ACIPRAJA! Pararela rutin berkompetisi di acara ini setiap tahun.

Dua bulan sebelum ACIPRAJA dilaksanakan, kami melakukan uji coba lomba (UCL) untuk menentukan siapa yang dapat mewakili SMAN 5 Surabaya di ajang lomba Acipraja tahun ini. Setelah penentuan selesai, kami mulai untuk mempersiapkan latihan. Kami (KSAT2IA NA9A dan PENJAGA G3RB0NG) berlatih agar bisa mendapat hasil maksimal di lomba ini.

Ini dia peraga untuk Sankes. Lucu banget kan! Nggak cuma di bidang kesehatan, ternyata anak-anak Pararela juga sangat terampil di bidang seni ya! hehehe. FYI, alat peraga ini dibuat oleh Pararelis yang tidak mengikuti lomba, supaya yang ikut lomba dapat fokus latihan di bidangnya. Terima kasih buat Pararelis yang non-lomba karena udah bantuin bikin alat peraga yang super cantik ini!
Tiga minggu sebelum lomba diadakan TM dan beberapa teknis lomba ada yang berbeda dari biasanya, sehingga kami harus mengganti beberapa metode latian kami. Mem
ang sulit untuk menghadapi perubahan peraturan-peraturan lombanya, namun kita sebagai Pararela harus menunjukkan bahwa kita adaptif terhadap berbagai macam tantangan! hehehe.

Sama dengan tahun lalu, tahun ini ACIPRAJA membagi dua lomba menjadi travelling dan non travelling. Travelling sendiri dibagi menjadi Pertolongan Pertama (PP), Ayo Siaga Bencana (ASB), Kepemimpinan, Donor Darah Siswa (Doras), Kesehatan remaja (Kesra), Sanitasi Kesehatan (Sankes), dan Gerakan Kepalangmerahan (Gerpal). Non travelling sendiri terdiri atas Cerdas Cermat, Mading, dan Poster.

 Hari yang dinanti-nanti pun tiba. Minggu, 12 Februari 2017 Kami semua berkumpul di SMAN 19 Surabaya dengan segala persiapan dan doa yang telah kami siapkan selama dua bulan terkahir ini. Terlihat banyak peserta dari sekolah lain yang sama berjuangnya di lomba ini. Kami pun menjadi lebih semangat untuk berjuang di lomba ini, agar dapat membanggakan almamater kami

Sebelum upacara, kami berdoa agar diberikan kelancaran dalam mengikuti lomba ini dan dapat memberikan hasil yang maksimal. Kami meneriaakkan jargon kami dengan penuh semangat. INTER ARMA CARITAS, PARARELA!

Setelah upacara selesai, kami langsung menuju ke tempat lomba masing-masing. Kebetulan tim travelling sekolah kami mendapat kloter pertama sehingga tidak mengikuti upacara.


Tim Travelling kita nih, cihuy! Dari kiri: Indira XI-9, Putri Alfa X-9, Caca XI-9, Tyas XI-9, Rachma (Baco) XI-5. Sementara yang lainnya masih mengikuti upacara. Semangat, Travelling!

Semua Tim pun siap beraksi !

Ini ceritanya tim non-travelling mau foto bareng setelah lomba, tapi yang CC belum selesai huhu yaudah lah ya. Jadi ini anak-anak mading sama poster. Wajah-wajah lelah tapi tetap tersenyum:) dari kiri: Clarisa, Diana, Mayra, Hani, Jihan.
Saat pengumuman pun tiba, ini adalah momen yang paling ditunggu oleh kami. Perasaan kami mulai bercampur aduk antara takut dan penasaran. Hujan gerimis pun mengiringi pembacaan hasil pengumuman lomba di lapangan SMAN 19 Surabaya. Selama menunggu hasil dari siang bolong sampai maghrib, kita sudah membaca Qur'an bersama, berdoa bersama, pokoknya apa aja lah yang penting mendoakan buat almamater.
Wajah-wajah lelah part 2. Nunggu pengumumannya lama banget, deg-degannya ga ada habisnya! Yaudah deh, sambil mengisi waktu luang, kita selfie-selfie juga. Di foto ini ada Jihan, Zenitha, Dinnar, Clarisa, Baco, Dewi, Caca, Sandy, Indira, Adah, sama dua anak yang nyempil sampe hampir ga keliatan itu Anya sama Hani #mekso. Mereka kelas 11 semua. 

Hasil pengumuman pun keluar, kami cukup merasa senang dengan hasil yang dibacakan oleh juri. Dan sekarang tiba saatnya pengumuman juara umum PMR WIRA. Kami begitu tegang dan terus bergandengan tangan sambil terus berdoa.
Dan akhirnya Alhamdulillahirrobbil'alaamiin PARARELA berhasil meraih kembali JUARA UMUM 1 ACIPRAJA XVI. Kami pun begitu senang dan sangat bersyukur. Semua ini berkat usaha kita yang sudah semaksimal mungkin, dan juga tidak lupa kami sujud syukur kepada Allah SWT karena tanpa kehendaknya, semua ini tidak mungkin terjadi.

Senangnya dapet Jurum 1 lagi! Dari kiri: Zaf A si PJ CC, Dinnar, Salsa sang ibu ketua yang suayang pol sama anggotanya, dan Sandy. Cie akhirnya bisa megang Piala Gubernur lagi:) Alhamdulillah yaaa. 
Ini suasana panggung setelah digruduk anak-anak Pararela lainnya. Di paling kanan ada Pak Kus yaitu pelatih kami yang sudah bertahun-tahun mendidik para Pararelis dari generasi ke generasi. 
Terimakasih atas segala doa dan dukungan teman-teman semua. Terimakasih untuk pengalaman berharga ini. Semoga kedepannya PARARELA dapat terus berjaya dan dapat terus membanggakan almamater tercinta.
Gema Almamater! yaitu rutinitas Smala setiap selesai upacara hari Senin, membacakan prestasi-prestasi Smalane  yang diraih pada minggu sebelumnya. Hari itu, semua anggota Pararela maju ke depan atas prestasi yang kami raih! Kemudian berfoto dengan guru-guru dan dengan pialanya. Di foto, paling kanan adalah Bu Khurun'in, pembina SS Pararela yang tak hentinya mendukung setiap kegiatan kami.

Dalam lomba ACIPRAJA kali ini kami meraih beberapa penghargaan, antara lain :
- ASB JUARA 1
- MADING JUARA 2
- POSTER JUARA 3
- CC JUARA 2
- KEPEMIMPINAN JUARA 1
Dan kami juga membawa PIALA JUARA UMUM 1 serta PIALA BERGILIR PROVINSI.

Alhamdulillah:), senangnya Pararela bisa kembali mengharumkan nama SMA Negeri 5 Surabaya di ajang lomba ini. Semoga tahun depan Juara Umum 1 dapat dipertahankan! Aamiin yarobbal 'alamin.

Sekian kabar dari Pararela, tunggu kami di lomba-lomba lainnya ya!

Inter Arma Caritas, Pararela!