Selasa, 19 Maret 2013

Kanker

Apa kanker itu?
Kanker terjadi jika sel-sel membelah diri secara tidak terkendali. Sel normal yang menjadi tua seperti sebuah barang, yang jika tak lagi diperlukan akan kita buang. Sel normal yang mati, seharusnya digantikan oleh yang baru. Namun dalam kasus kanker, sel yang sudah waktunya mati tersebut enggan melakukannya. Justru yang terjadi, sel terus membelah diri sehingga menjadi banyak. 
Sel-sel abnormal ini dapat menyerang jaringan di dekatnya atau berpindah ke lokasi yang jauh dengan cara memasuki aliran darah atau sistem limfatik. Sejumlah mekanisme tersedia untuk mencegah terjadinya kesalahan genetika dan menghilangkan sel-sel abnormal secara genetika dari tubuh. Namun, pada beberapa orang, pertahanan ini tidak memadai dan populasi sel-sel abnormal yang lolos dari pengendalian tubuh terus berkembang. Sel-sel kanker ini kemudian bertambah banyak dan menghancurkan jaringan yang normal.

Apa penyebab kanker?
Bagian gosong pada makanan yang dibakar merupakan contoh karsinogen
Penyebab kanker tak lain disebabkan oleh sel-sel nakal yang sebenarnya sudah waktunya untuk "pensiun", namun tidak mau melakukannya dan malah memperbanyak diri sehingga merusak organ dan tubuh. Hal ini terjadi karna faktor yang beragam. Faktor-faktor tersebut bergantung pada kanker yang diderita. Faktor penyebab kanker serviks mungkin saja berbeda dengan penyebab kanker payudara. Namun terdapat faktor-faktor umum yang jelas dapat memicu kanker. Seperti pola hidup tidak sehat seperti merokok merupakan penyumbang besar terjadinya kanker. Sinar ultraviolet matahari, radiasi, menghirup asap rokok terlalu sering,  seks bebas, mengonsumsi makanan berbahan kimia secara berlebihan, mengonsumsi minuman beralkohol. Diluar itu ada faktor kejiwaan dan faktor keturunan. Orang yang sedang mengalami stres berat dan kondisi kejiwaannya tidak stabil akan membuat sel dalam tubuh menjadi sangat aktif dan itu potensial menjadi penyebab kanker. 

Bagaimana cara menyegah kanker?
Dengan mengurangi paparan tehadap zat karsinogen, seperti:
  • Memeriksa secara dini dari resiko faktor keturunan
  • Menghindari makanan yang diasap dan dibakar, makanan dengan zat pewarna dan berlemak, apalagi makanan yang mengandung bahan kimia
  • Menghindari rokok dan asap rokok, dan menjauhi alkohol
  • Makan makanan berserat (teh, tomat, bayam, kol, bawang putih, jeruk, jamur, berry, cokelat)
  • Rutin olahraga untuk mengupayakan berat badan yang ideal
  • Menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Mengonsumsi vitamin A, vitamin C dan vitamin E (antioksidan)

referensi: http://www.deherba.com/10-tips-jitu-mencegah-kanker.htmlhttp://www.cancerhelps.com/mencegah-kanker.htmhttp://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2013/02/05/913/Yuk-Intip-Daftar-Makanan-Sehat-Pencegah-Kankerhttp://www.deherba.com/penyebab-kanker-yang-harus-diwaspadai.htmlhttp://www.parkwaycancercentre.com/bahasa-indonesia/about-cancer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Habis baca jangan lupa dikoment ya...
Makasih :)