Rabu, 23 Maret 2011

Daripada minum kopi, mending minum air putih!

Ada yang suka minum kopi? Aku heran deh...kok banyak ya yang suka ngopi? Padahal menurut pendapatku pribadi (yang gag tahan sama pait) kopi itu rasanya gag terlalu enak...habisnya rasanya pait sih.. (yaeala! kalo pedes cabe namanya!).

Setelah mencari-cari artikel yang menarik tentang kopi, akhirnya aku menemukan satu artikel tentang dampak dari kopi... Artikel ini bersumber dari a9n35_v5.. makasih ya :) maaf aku copas...

-------------------------------------------------------------

Dampak negatif kopi ada beberapa. Diantaranya:
  1. Meningkatkan kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida, yang menjadikan darah lebih pekat, sehingga mengakibatkan penyempitan lubang pembuluh darah akibat endapan lemak, yang beresiko mengundang serangan jantung dan stroke.
  2. Berbahaya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam.
  3. Meningkatkan resiko kematian dini pada bayi hingga dua kali lipat. Kafein pada kopi membuat bayi lemah, mudah terserang infeksi, dan mengalami kesulitan bernafas hingga dilahirkan.
  4. Merangsang terjadinya keropos tulang. Secara alami memang wanita memiliki resiko terkena keropos tulang 5 kali lebih besar dari pria, tapi minum 2 cangkir kopi sehari saja, akan mengurangi kepadatan massa tulang secara jelas.
  5. Menaikkan produksi asam lambung yang berlangsung lama, sehingga dapat memperbesar risiko penyakit lambung, tukak lambung, atau tukak usus halus. Jadi, buat para penderita kelemahan lambung ada baiknya menghindari konsumsi kopi.
  6. Kebiasaan minum kopi panas-panas juga dapat membengkakkan resiko terserang kanker esophagus.
  7. Meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan kanker kandung kemih.

Ada juga dampak positif kopi, yaitu:
  • Untuk mengembalikan energi. Tapi..... Orang-orang yang memperoleh kesegaran akibat kopi hanya akan merasa "naik" dalam waktu sekejap, kemudian kondisinya akan "jatuh" lagi, persis seperti naik roller coaster. Ketika "jatuh", seseorang akan meminum kopi untuk "naik" kembali. Akibatnya, jadilah ia pecandu kopi baik secara psikologis maupun fisiologis. Orang yang sudah mengalami ketergantungan kopi akan sering merasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau sehari saja tidak minum kopi.
Oh, ya!!! Kalo kopi sering dikonsumsi, apalagi jika dikonsumsi di atas 250 mg (lebih dari 3 gelas sehari), bisa terjadi ganguan juga. Misalnya:
  • jantung berdebar
  • gelisah
  • insomnia (sulit tidur),
  • gugup
  • tremor (tangan bergetar)
  • mual sampai muntah-muntah.
-------------------------------------------------------------


Gimana? Masih mau minum kopi? Gag papa sih...selama belom ada undang-undang yang melarang kita minum kopi, sah-sah aja kalo pengen minum. Tapi, ya begitu, sebaiknya kamu pertimbangin lagi mengenai dampak negatifnya... Kalaupun pengen ngopi, lebih baik kamu minum kopi yang tanpa kafein aja alias decaff atau ganti kebiasaan kamu ini dengan mencoba minuman lain, seperti teh, air jeruk atau air putih saja.Lebih sehat kok ^_^

2 komentar:

  1. Wah, padahal kopi itu minuman kesukaanku banget...dari TK udah minum yang item lagi, huahaha

    BalasHapus
  2. Minum kopi itu boleh asal jangan berlebihan :)

    BalasHapus

Habis baca jangan lupa dikoment ya...
Makasih :)